Pemecahan Masalah Mendasar Pada System Telephone 3CX

 Artikel ini akan memandu Anda melalui Pemecahan Masalah Dasar 3CX, serta menjelaskan Protokol SIP.


Dasbor

Mari kita mulai dengan dasbor PBX. Dasbor akan memberikan gambaran singkat tentang aktivitas saat ini dan status PBX. Kita akan dapat melihat sekilas apakah semuanya berjalan sebagaimana mestinya.


Anda dapat melihat bahwa Pemeriksaan Firewall belum lulus dan ditampilkan dalam warna merah, dan  juga tidak memiliki backup otomatis. Tidak ada yang lebih baik daripada cadangan saat ini untuk menyelamatkan Anda saat terjadi bencana. Selalu aktifkan backup otomatis. Lebih baik aman daripada menyesal.


Log

Secara default, PBX akan menyimpan log minimal, untuk menghemat daya CPU dan ruang disk.


Saat layanan di-restart atau server PBX sendiri di-restart, file log akan dibersihkan untuk memungkinkan Anda membuat satu set log baru, bila diperlukan.


Untuk memecahkan masalah yang mungkin terjadi dengan PBX, tingkat logging normal LOW tidak akan mencukupi, dan log Verbose akan diperlukan. Menurut definisi, verbose berarti memiliki lebih banyak informasi daripada yang dibutuhkan, dan dalam hal ini, kita akan membutuhkan banyak informasi yang PBX dapat berikan kepada kita.


File log PBX disimpan dalam folder di server itu sendiri.


Berbagai file log yang disimpan oleh PBX juga tersedia untuk dibaca dengan teliti dari konsol manajemen selain dari sistem file server. Tombol "Log" di Log aktivitas memberi Anda akses ke log, langsung dari browser, memungkinkan Anda untuk mendownloadnya ke komputer Anda.


 

Log aktivitas

Dalam Log Aktivitas, kita dapat melihat pesan Aliran SIP dasar yang diberikan oleh PBX sehubungan dengan pendaftaran telepon, interaksi dengan gateway dan Penyedia VoIP serta informasi tentang panggilan yang sedang diproses oleh PBX.


Ini dapat difilter berdasarkan tanggal dan waktu suatu peristiwa terjadi yang akan kita tunggu. Tidak heran pemilik bisnis benci berurusan dengan kegagalan teknis. Lagi pula, berinvestasi dalam teknologi baru seharusnya mengurangi waktu yang dihabiskan untuk memecahkan masalah, bukan meningkatkannya. Untungnya, sistem PBX biasanya tidak memerlukan banyak pemeliharaan setelah investasi awal. Namun, tidak ada sistem yang 100% antipeluru, dan terkadang masalah dapat terjadi seiring waktu. Dengan mengingat hal itu, hari ini kami akan meninjau beberapa praktik terbaik pemeliharaan PBX dan memberikan lima kiat pemecahan masalah yang akan menghilangkan kebingungan di kantor Anda:


Memperbaiki Nada Panggil Mati

Jika nada panggil Anda mati di tempat kerja Anda, Anda mungkin khawatir tentang sistem telepon Anda. Namun semoga beruntung, memulihkan sistem PBX dari nada panggil mati sering kali sesederhana mengganti catu daya atau kabel telepon. Tentu saja, selalu pastikan tidak ada kabel yang lepas secara tidak sengaja sebelum Anda berbelanja aksesori baru.


Masalah Bandwidth

Karena sistem PBX dan VoIP beroperasi secara digital, memiliki koneksi internet yang tidak memadai dapat menggagalkan panggilan telepon dan membuat masalah kualitas panggilan telepon seperti "latensi". (Dalam istilah awam, latensi adalah suara bergema yang disebabkan oleh kurangnya bandwidth –– pada dasarnya internet Anda tidak bergerak cukup cepat untuk mengikuti panggilan.) Terkadang pemilik bisnis mungkin harus beralih ke koneksi internet kelas bisnis untuk menghilangkan tertinggal. Di sisi lain, sering kali Anda dapat mengatasi masalah kualitas telepon dengan memprioritaskan panggilan telepon VoIP dalam Managed Router Anda.


Audio Acak dan "Jitter"

Cara terbaik untuk menangani teka-teki khusus ini adalah dengan menggunakan buffer jitter bersama dengan sistem PBX Anda. Seperti biasa, periksa router Anda terlebih dahulu dan pastikan router tidak sedang disusupi.


Sinyal Sibuk yang Tidak Diinginkan

Kami tidak perlu merinci betapa pentingnya bagi perusahaan untuk menyediakan saluran komunikasi yang mudah dan dapat diakses untuk pelanggan mereka. Dengan demikian, sinyal sibuk yang terputus yang membuat penelepon menjauh dari bisnis Anda bisa sangat merugikan. Jika Anda melihat sinyal sibuk di jalur perusahaan Anda, masalahnya mungkin terkait dengan kabel sistem Anda. Anda dapat mencoba melepaskan splitter dan menguji koneksi lagi, tetapi jika tidak berhasil, Anda mungkin harus mengganti kabel sistem Anda. Jika itu gagal juga, penggantian sistem total adalah opsi terakhir.


Penempatan Panggilan Salah

Panggilan tidak ditujukan ke karyawan yang benar? Ini sebenarnya bukanlah perbaikan yang sulit. Sebaliknya, yang harus Anda lakukan adalah mengkonfigurasi ulang pengaturan internal Anda. Anda dapat menyetel kembali jaringan internal Anda dengan cukup sederhana dan dari sana, pasang dan mainkan sesuka Anda! Nt untuk memecahkan masalah.


Jika kami ingin memfilter menurut ekstensi, ini juga dapat dilakukan, dan selain itu, panggilan yang relevan untuk ekstensi tersebut hanya akan terlihat di kotak tarik-turun Panggilan. Call-ID adalah penghitung inkremental dari


source: https://cloudone.co/portal/index.php/knowledgebase/28/3CX-Phone-System-Basic-Troubleshooting.html

Comments

Popular posts from this blog

Konfigurasi HTTPS (Berkualitas Tinggi) - Debian 8

Cara Instalasi dan Konfigurasi Briker